Pohon Ratusan Tahun di Punden Raden Bagus Patonar Jobokuto Tumbang

Pohon Ratusan Tahun di Punden Raden Bagus Patonar Jobokuto Tumbang
Pohon besar berusia ratusan tahun yang berada di punden raden bagus Patonar masuk wilayah RT 09 RW 03 Kelurahan Jobokuto Jepara kota, tumbang.  Jenis pohon trembesi dengan tinggi lebih sepuluh meter dan diameter satu meter lebih ini, menimpa tiga rumah warga yang berada di sekitar lokasi punden. Beruntung tidak ada korban jiwa. Hingga berita ini diturunkan, anggoat BPBD Jepara bersama relawan masih melakukan evakuasi.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Pujo Prasetyo menjelaskan, peristiwa naas tersebut terjadi Senin (7/12) sekitar pukul 16.00 WIB.  Diceritakan, sebelumnya pukul 15:30 wib salah seorang warga Winoto yang tinggal persis di sebelah punden, sepulang dari masjid melihat pohon trembesi (akasia) yang sudah berumur ratusan tahun miring dan menempel ke salah satu rumah tetangganya. Seketika itu, ia memberitahukan pemilik rumah dan memotong kayu tersebut. Sesaat setelah ia turun dari tangga, pohon besar berdiameter lebih dari satu meter ini, tiba tiba roboh dan menimpa tiga rumah milik  Yubaidi (42), Erwin (37 th) dan Joko Arifianto (42 th). Beruntung tidak ada korban jiwa, seluruh pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri. “Kerusakan terparah yaitu, rumah Erwin yang berada di sebelah pohon persis” ujarnya
Dikatakan Pujo, setelah peristiwa terjadi warga langsung menginformaskan kepada BPBD Jepara untuk segera melakukan evakuasi. “Setelah kami mendapatkan informasi tersebut langsung melakukan asisment, setelah itu kami juga menghubungi teman-teman relawan Jepara untuk membantu melakukan evakuasi pohon tersebut,” ujar Pujo.
Saat kejadian, kata Pujo, tidak ada angin maupun hujan di sekitar wilayah itu. Hanya saja ia menduga, pohon tersebut tumbang lantaran akar yang berada di dalam tanah rongket, dan tidak mampu Kecamatan Mlonggo - Pohon-Tumbang-1024x700menahan beban sehingga menyebabkan ambruk. “Saat kejadian tidak ada angin, maupun hujan” ujarnya.

Di punden trsebut, sebenranya ada dua pohon besar. namun, yang umbang hanya sau pohon. Namu, tidak menuup kemungkinan pohon yang satunya juga rawan untuk tumbang. Unuk itu, BPBD berharap, agar pohon yang masih berdiri tersebut, juga ikut dipotong agar tidak membayakan keselamatan warga. (Dian Ardiansyah ; Wartawan & Reporter Radio Kartini FM Jepara)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

4 Responses

  1. trivialEr12 Desember 2015 at 9:29Reply

    La nuit porte conseil.
    trivialEr

  2. Turk21 Agustus 2016 at 9:29Reply

    This initshg’s just the way to kick life into this debate.

Tinggalkan Balasan